Menangkap Kepiting Kelapa “Birgus latro”


Kepiting kelapa atau yang disebut dalam bahasa latin Birgus latro, atau yang lebih populer di Maluku Utara sebagai Kepiting Kenari merupakan artropoda darat terbesar di dunia.  Kepiting ini dikenal karena kemampuannya mengupas buah kelapa dengan capitnya yang kuat untuk memakan isinya. Birgus latro adalah satu-satunya spesies dari genus Birgus.

Anda Mau Menangkapnya tapi Tak Punya Keberanian ?

Dengan ukuran dan kekuatan Ketam kelapa membuat siapa saja yang melihatnya merasa ketakutan untuk menangkapnya. Kepiting ini dikagumi karena kekuatannya, bahkan hewan ini bisa menyerang manusia jika terancam. Untuk membudidayakan hewan ini, kandang-nya harus cukup kuat agar tidak dapat menggunakan capitnya untuk kabur.  Saat ketam kenari mencapit seseorang, jepitannya tidak hanya sakit tapi juga kuat. Thomas Hale Streets melaporkan trik berikut, yang digunakan oleh warga Mikronesa di Kepulauan Line, agar ketam kenari mengendurkan jepitannya jika sudah telanjur menjepit tangan kita…

“Menggelitik bagian lunak di bawah tubuhnya dengan benda halus akan membuatnya melepaskan jepitannya”

Namun, bagi Bakar, salah seorang warga Maluku Utara yang sering menangkap hewan ini tak perlu lagi takut karena sudah sangat terbiasa dalam menangkap hewan ini. Dia sudah tahu cara dan tekniknya tanpa harus merasa takut kena jepitan kepiting yang sanga kuat ini..

Jika anda adalah pemerhati hewan ini dan ada keinginan untuk menangkapnya (menangkap untuk keperluan penangkaran/budidaya/penelitian) tapi takut menangkapnya, maka anda bisa meniru cara orang ini bagaimana caranya menangkap hewan yang sangat menakutkan ini.  Berikut salah satu video ketika Si Bakar menangkap Kepiting kelapa di salah satu pulau di kawasan Maluku Utara.

http://www.youtube.com/watch?v=YDneAsd0DKg&feature=youtu.be

Berani mencoba ???
atau mau mencobanya ?? silahkan hubungi kami, nanti kami yang membawa anda ke pulau yang kaya kepiting kelapa (P. Uta, Maluku Utara)

(Supyan, Staf Pengajar FPIK Unkhair, Ternate. Malut)

About these ads

About supyan

Peduli Lingkungan Jangan Sekedar Slogan. Tinggalkanlah pola hidup yang merusak lingkungan

Posted on 12 Agustus 2012, in Biologi, Budidaya Perairan, Konservasi, Krustasea dan Moluska, Miracle, Peristiwa and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Wah, jadi penasaran nih, tangkap kepiting kelapa.
    Apalagi kalau dapat tiket gratis ke maluku utara, hahaha…

    salam,
    Adi Nugroho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: