Ikan-ikan Air Tawar Yang Telah Punah dan Yang Terancam Punah


Berikut ini adalah daftar beberapa ikan air tawar yang sudah terancam keberadaannya bahkan ada yang sudah punah sama sekali. Perlu perhatian khusus untuk tetap memperhatikan populasi ikan yang masih ada. Inilah beberapa ikan yang yang berhasil kami temukan daftarnya tersebut :

1. Dog Eating Catfish

Jaman dulu ikan ini dipancing orang dengan menggunakan daging anjing karenanya namanya “Dog Eating Catfish”

2. Giant Carp

Ikan ini banyak ditemukan di sungai mae klong, Tthailand (sungai mekong) tapi ikan yang bobotnya bisa mencapai 600 pon ini hilang begitu adalah salah satu ikan yang hilang begitu cepat di asia tenggara.

giant carp

3. Freshwater Sawfish

Ikan ini sering disebut campuran antara ikan hiu dan gergaji. Ikan ini terancam moncongnya yang berbentuk gergaji sering nyangnkut di jaring nelayan sehingga menyebabkan kematian.

freshwater sawfish

4. Giant Stingray

Giant Stingray adalah jenis pari namun hidup di air tawar dan merupakan salah satu ikan air tawar yang terbesar dan paling berbahaya yang pernah ada. Walaupun begitu, ikan ini mudah dilatih seperti anjing laut dan lumba-lumba

ikan pari air tawar

5. Pirarucu

Ikan yang habitat aslinya di amazon ini adalah salah satu ikan air tawar yang terbesar yang pernah ada. Dapat kita lihat di seaworld ancol.

Pirarucu

6. Mekong Giant Catfish

Tampang ikanini terlihat seperti sedih setiap saat. mungkin karena populasinya sudah menurun hingga 90%.. hhehhe

catfish

7. Bagarius Yarrelli
Ikan ini adalah jenis lele yang sangat besar. Bagarius Yarrelli: sering juga disebut “River Yeti” atau yeti yang berada di sungai. Keberadaannya sudah terancam punah mungkinkrn dagingnya sangat enak sehingga menjadi sasaran para nelayan.

Bagarius yarelli

8. Chinese Paddlefish

Chinese Paddlefish (Psephurus gladius) yang dikenal juga dengan nama Chinese Swordfish merupakan salah satu ikan air tawar terbesar yang merupakan salah satu dari 140 spesies ikan  endemi di sungai Yangtze, yang berarti mereka tidak ditemukan lagi di tempat lain. Ikan ini dulu dijuluki “Raja Sungai Yangtze”. Ikan ini merupakan salah satu dari 2 spesies ikan paddlefish yang ada didunia, dimana spesies lainnya adalah American Paddlefish. Ikan ini disebut juga ikan gajah(elephant fish) karena moncongnya yang seperti belalai gajah. Dalam catatan klasik cina, kadang-kadang ikan ini disebut juga wei-fish.  Karena langkanya dan statusnya yang dilindungi, ikan ini juga disebut sebagai Giant Panda of the Rivers.

Raja Sungai Yangtze

sumber : nationalgeographic dan berbagai sumber lainnya

About supyan

Peduli Lingkungan Jangan Sekedar Slogan. Tinggalkanlah pola hidup yang merusak lingkungan

Posted on 23 Juni 2011, in Ikan, Konservasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: