Keindahan Kramat, Bedil dan Temudong yang Masih Perawan


Gugusan Pulau Pulau Kramat, Pulau Bedil dan Pulau Temudong yang secara administrasiberada di Desa Labuhan Bajo Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa merupakan pulau-pulau kecil dengan luas  masing-masing Pulau Kramat 60,07 Ha, Pulau Bedil 1,92 Ha dan Pulau Temudong 3,87 Ha. Gugusan Pulau Kramat, Pulau Bedil dan Pulau Temudong membentuk formasi segitiga dimana jarak terdekat antara Pulau Kramat dengan Pulau Bedil adalah 0,7 mil laut, antara Pulau Kramat dengan Pulau Temudong sejauh 0,7 mil laut dan antara Pulau Bedil dengan Pulau Temudong berjarak 0,7 mil laut.

Daratan hinterland terdekat menuju Pulau Bedil, pulau yang paling dekat dengan daratan hinterlandyaitu Dusun Labuhan Padi, Desa Pukat dengan jarak 1,3 mil laut, sedangkan akses terdekat menuju Pulau Kramat adalah Dusun Karanganyar, Desa Pukat berjarak 1,5 mil laut. Pulau Kramat, Bedil dan Temudong merupakan pulau yang topografinya sangat datar (flat) dan berelevasi rendah.  Ketinggian lahan maksimal di Pulau Kramat adalah 2 m dpl, sedangkan ketinggian maksimal Pulau Bedil dan Pulau Temudong yaitu 1 m dpl.  Dengan ketinggian kurang dari 3 m, gugusan pulau tersebut dapat digolongkan sebagai pulau pasang surut. Keadaan tersebut disebbakan gugus pulau-pulau ini terbentuk oleh proses-proses marin dimana struktur geologi pulau-pulau ini terdiri atas endapan Aluvium dan Endapan Pantai, kerikil, kerakal, pasir, lempung, lumpur gambut, dan pecahan koral, setempat mengandung pasir magnet.

Tipologi pantai di Pulau Kramat terdiri dari pantai berpasir putih yang landai, tersebar di bagian selatan pulau, bagian barat, utara dan timur pulau.  Sedangkan bagian utara pulau merupakan pantai berlumpur dan bermangrove. Pantai berpasir putih di Pulau Kramat relatif stabil.

Pengembangan Pulau Keramat-Bedil-Temudong sebagai destinasi wisata telah didukung dengan adanya dukungan infrastruktur atau sarana-prasarana baik yang eksisting maupun dalam perencanaan, seperti :
–       dermaga tambat di Pulau Keramat
–       jogging track, pos jaga, dan baruga/gazebo (pondok wisata) di Pulau Keramat
–       penyediaan area parkir dan kuliner di Ujung Tano – Desa Labuhan Bajo
–       akses masuk (gapura) melalui Desa Labuhan Bajo
–       perahu-perahu milik  warga yang dapat disewa menuju ketiga pulau
–       akses melalui Taman Wisata Lapade di Desa Pukat

Terumbu Karang di Gugusan Pulau Kramat dan Pulau Bedil

Keindahan Terumbu karang di antara Gugusan Pulau Kramat dan Pulau Bedil

Keindahan Pulau Bedil

Pemandangan yang indah dengan latar belakang Pulau Bedil yang indah

Pulau Kramat

Hamparan pasir putih di pantai Bagian Selatan Pulau Kramat

Photo September 2012

About supyan

Peduli Lingkungan Jangan Sekedar Slogan. Tinggalkanlah pola hidup yang merusak lingkungan

Posted on 3 November 2012, in Ekoturisme, Konservasi, Miracle, Olahraga Air, Pesisir dan Laut, Terumbu Karang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Saya ingin anda menuliskan sumber tulisan & foto-foto karena saya ingin memperoleh informasi yang lebih banyak lagi mengenai potensi & permasalahan ketiga pulau tersebut. Terima kasih

    • tq atas responnya…
      kalau Bapak mau memperoleh informasi ttg ke tiga pulau tersebut secara lengkap, anda bisa menunggu buku yang sedang disusun oleh KKP, Direktorat pendayagunaan pulau² kecil… informasi mengenai potensi dan kelayakan bisnisnya diuraikan dengan rinci dlm buku tsbt….
      Mungkin tidak lama lagi diterbitkan. tq.
      NB.
      Foto-foto ketiga pulau tersebut yang termuat dalam blog ini, murni hasil potretan kami sendiri… setiap foto yang kami jiplak, pasti kami sebutkan sumbernya…
      jika Bapak ingin mengutip atau membagikan foto dalam blog ini, silahkan saja asal menyebutkan sumbernya ((nama blog atau nama penulisnya dan photografernya (Supyan))
      terima kasih pak…

    • Terima kasih atas kunjungannya pak..
      Ini blog sederhana yang baru dikembangkan jadi isinya belum sesempurna yang diinginkan..

  2. Trm ksh atas balasannya dan maaf krn sy baru baca krn sy sibuk riset di teluk saleh. Sayangnya tulisan bung Supyan tidak memuat sumbernya. seyogyanya ditulis sumbernya. Sejujurnya, saya dan kawan-kawan yang mengumpulkan data dan menullis laporan ttg ketiga pulau tersebut. Judul kegiatannya “Identifikasi Calon KKP Gugusan Pulau Kramat, Bedil, dan Temudong Kabupaten Sumbawa” Tahun 2010. Btw, bung Supyan tinggal dimana?

    • maaf bung… saya tinggal di ternate… saya dan teman2 pernah riset tahun 2012 d sana….
      judul kegiatan kami waktu itu…
      “Analisis Kelayakan Investasi di Pulau-pulau Kecil Kab. Sumbawa”
      di danai oleh KKP
      Dirktorat Pendayagunaan pulau2 kecil
      Dirjen KP3K
      KKP RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: