Seminar Nasional Kemaritiman dan Sumberdaya Pulau-pulau Kecil


semnas ks2ppkJPGSeminar Nasional I
Tentang Kemaritiman dan 
Sumberdaya Pulau-Pulau Kecil
di Maluku Utara.


Seminar ini akan dilaksanakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara. Waktu pelaksanaannya tanggal 03 Oktober 2016 di Aula Babullah Lt. 4. Gedung Rektorat, Unkhair

Latar Belakang 

Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia. Dengan potensi wilayah laut yang sangat luas dan sumberdaya alam serta sumberdaya manusia yang dimiliki Indonesia, kelautan sesungguhnya memiliki keunggulan komparatif, keunggulan kooperatif dan keunggulan kompetitif untuk menjadi sektor unggulan dalam kiprah pembangunan nasional dimasa depan. Potensi kekayaan pulau-pulau kecil di Indoensia yang mencapai US$ 60.578.651.400/tahun yang bersumber dari sektor perikanan, wisata bahari, minyak bumi dan transportasi laut.) seharusnya dapat menjadikan masyarakatnya sejahtera. Namun kenyataannya negara ini belum mampu memberi kesejahteraan kepada rakyatnya.

Brosur Seminar I

Orientasi pembangunan pada masa lalu yang lebih difokuskan pada wilayah daratan (mainland) dan belum diarahkan ke wilayah laut dan pulau-pulau kecil meski telah terdapat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, namun masih rendahnya kesadaran, komitmen dan political will dari pemerintah dalam mengelola pulau-pulau kecil inilah yang menjadi hambatan utama dalam pengelolaan potensi pulau-pulau kecil.  Di samping kurangnya keberpihakan pemerintah terhadap pengelolaan pulau-pulau kecil dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya yang berdampak hilangnya sumber hidup masyarakat, berbagai persoalan lain seperti konflik penguasaan pulau oleh swasta, pengambilalihan wilayah-wilayah yang merupakan akses hidup masyarakat merupakan masalah utama ketidaksejahteraan. Selain permasalahan di atas, terbatasnya sarana dan prasarana dasar, kurangnya data dan informasi tentang pulau-pulau kecil, pertahanan dan keamanan, konflik kepentingan misalnya antara masyarakat adat dan pemerintah serta swasta juga menjadikan masalah yang rentan di wilayah pesisir, serta akibat dari pembangunan dan pemanfaatan sumberdaya alam yang mengakibatkan degradasi lingkungan hidup menjadi persoalan hidup masyarakat itu saat ini.

Seminar Nasional I Kemaritiman dan Sumberdaya Pulau-pulau Kecil yang diselenggarakan sebagai ajang bertukar pikiran mengenai kemaritiman dan sumberdaya pulau-pulau kecil ini diharapkan dapat melahirkan konsep pengelolaan yang jelas terkait dengan sistem kemaritiman melalui pemanfaatan pulau-pulau kecil sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hadir ya…
Catat Tanggalnya : 03 Oktober 2016 di Lantai 4. Gedung Rektorat

Universitas Khairun Ternate.

Para Pembicara :

semnas ks2ppkJPG

About supyan

Peduli Lingkungan Jangan Sekedar Slogan. Tinggalkanlah pola hidup yang merusak lingkungan

Posted on 24 Agustus 2016, in Biologi, Ekosistem Perairan, Ekoturisme, Informasi dan Teknologi, Keajaiban Bawah Laut, Konservasi, Manajemen Perikanan, Mangrove, Pengolahan Perikanan, Pesisir dan Laut and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: